MELATI DANES

Desainer Interior |Pendiri Melati Danes Interior, Bali

Pendiri Melati Danes Interior di Bali yang memasukkan unsur budaya lokal di dalam karya-karyanya.

Walau berangkat dari dasar pendidikan yang berbeda, ketertarikannya di dunia desain interior begitu besar.

Passion- nya ini terus diasah dan dikembangkan hingga ia pun semakin mantap dengan dunia interior yang digeluti saat ini. Hal ini juga tidak lepas dari dukungan sang suami, Popo Danes yang merupakan arsitek ternama di Indonesia. Sang suami kerap memberi masukan dan bertukar pikiran dalam setiap proyek yang ada. Berbagai proyek interior untuk vila, toko, hingga restoran pun semakin banyak berdatangan dan menambah jam terbang Melati sebagai desainer interior. Dan hal ini, membuat Melati semakin mantap untuk mendirikan biro desainnya sendiri yang diberi nama sesuai dengan namanya, Melati Danes Interior.

Ciri khas desain Melati adalah modern namun tetap memasukkan unsur budaya lokal di dalamnya. Tak jarang perempuan yang tetap cantik di usianya yang menginjak 41 tahun ini berkolaborasi dengan para seniman dan pengrajin untuk menerapkan nilai-nilai kearifan budaya lokal dalam setiap karyanya. Untuk mengenal lebih lanjut desainer yang satu ini, Home & Decor berbincang-bincang santai dengannya, seperti yang terurai berikut ini.

Dengan latar belakang yang berbeda, bisa diceritakan bagaimana Anda jatuh cinta dalam dunia desain?

Meskipun saya memiliki latar belakang pendidikan di bidang Teknik Sipil dan Manajemen, ketertarikan saya berawal ketika berkecimpung di industri lifestyle, hingga berkembang bersama beberapa proyek yang saya kerjakan dan saling bertukar pikiran dalam menciptakan kreativitas bersama suami. Yang pada awalnya sempat muncul keraguan, apakah desain saya sesuai ataukah dapat diterima oleh klien dengan baik? Tetapi, setelah menyelesaikan beberapa proyek, saya menjadi semakin tertarik dan menyukai pekerjaan saya.

Sejak kapan Anda mulai menekuni bidang desain interior secara profesional?

Saya memulai menekuni bidang desain interior sendiri pada tahun 2006 dengan mendirikan Melati Danes Interior dan mengerjakan beberapa proyek yang sifatnya eksperimental dalam membangun portfolio.

Apa tanggapan Anda tentang desain interior di era sekarang ini?

Ragam elemen dan ide dari desain interior era sekarang unik, berani dan penuh kreativitas. Hal tersebut sejalan dengan perkembangan teknologi dan budaya sehingga memberikan angin segar bagi kreativitas tak terbatas para desainer. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam perancangan, seorang desainer interior juga dituntut untuk mampu berkolaborasi dengan bidang lainnya yaitu seperti contohnya kolaborasi dengan lighting designer,textile designer, fotografer, desainer grafis, dan lainnya.

Selama perjalanan karier Anda, hal apa yang paling terkesan?

Yang paling berkesan selama saya menekuni bidang ini adalah melihat kepuasan klien dengan hasil desain yang saya kerjakan dan proyek yang saya kerjakan berjalan dengan sukses, juga sesuai dengan ekspektasi klien. Dan juga ketika memulai sebuah proyek baru, yang memiliki kebudayaan serta kekayaan materialnya dan teknik pengerjaan yang berbeda dan unik, sehingga amat sangat

menarik untuk dijadikan inspirasi untuk diaplikasikan ke dalam desain.

Komponen apa yang sering kali terlupakan oleh desainer dalam membuat sebuah karya?

Ketelitian harus menjadi kunci dalam sebuah proses desain. Namun, terkadang ada beberapa hal yang tidak sesuai antara konsep desain dengan keadaan di lapangan, seperti contohnya banyak desain yang dibuat tidak sesuai dengan hasil yang diinginkan karena terbentur dengan ketersediaan material, dan juga kemampuan dari pengrajin itu sendiri. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan saksama dalam proses desain dan aplikasi di lapangan.

Dengan ciri khas yang Anda miliki sekarang ini, apa visi yang Anda terapkan pada Melati Danes Interior?

Ciri khas desain kami di Melati Danes Interior adalah kombinasi antara gaya modern dan sentuhan tradisional dalam setiap desain interior yang dihasilkan. Jadi, walaupun desain yang selalu berkembang ke arah modern, namun

ambience desain yang kami ciptakan tetap mengusung nilai budaya dengan menghadirkan berbagai elemen seni dan kerajinan. Menurut kami, hal ini selalu menjadi bagian terpenting dalam setiap desain dan menjadikan setiap proyek yang kami kerjakan memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri dari proyek lainnya. Kami juga selalu memerhatikan dan memegang teguh nilainilai kemanusiaan (kultur), lingkungan, dan penggunaan sumber daya material yang ramah lingkungan dalam merancang suatu desain interior.

Hal apa yang harus diperhatikan oleh desainer interior saat ini?

Di era sekarang ini seorang desainer interior selain harus membuat desain yang menarik dan unik, ia juga dituntut menghasilkan karya yang indah untuk difoto atau instagrammable. Kunjungi Melati Danes Space & Style di Jln Hayam Wuruk 159 Denpasar 80235 Bali, Indonesia MELATIDANES. COM

Select your currency
IDR Indonesian rupiah

Be the first to know

Get 10% off for first order

Simply register below to received our newsletters with the latest products and exclusive offers!